Formula Copywriting: 5 Rumus Menulis Copywriting

4 min read

formula copywriting yang menjual

Mengapa Anda harus menggunakan formula dalam copywriting?

Copywriting saat ini menempati posisi vital dalam suatu bisnis. Anda pasti tahu soal ini. Karena itu, menciptakan copywriting yang menjual membutuhkan formula yang jitu.

Terlebih bagi Anda yang masih termasuk pendatang baru dalam menulis copywriting. Anda tentu tahu betapa sulitnya menciptakan copywriting yang benar-benar akan mengantarkan pembaca untuk membeli produk.

Menulis copywriting memang bukan perkara yang mudah, maka dari itu perlunya rumus yang efektif untuk memikat para pembaca. Copywriting yang menggunakan formula akan lebih menarik perhatian pembaca. Selain itu, formula ini akan efektif membantu Anda dalam menghasilkan penjualan.

Jadi, formula ini akan mempermudah copywriter dalam menentukan struktur copywriting. Formula ini juga akan membantu penulis agar tulisannya lebih rapi, menarik perhatian pembaca, dan yang pasti akan meningkatkan penjualan.

Pemahaman formula ini juga akan membantu Anda dalam menulis copywriting yang sesuai dengan media yang digunakan. Beda media, tentu beda cara. Karena itu, pilihlah jenis copywriting dan formula yang tepat untuk media pemasaran Anda.

Jika Anda ingin Belajar Menjadi Copywriter, Tips Menulis Iklan yang Menjual, baca panduan lengkapnya dengan klik link itu. Artikel itu akan membantu Anda lebih jauh tentang pemahaman copywriting.

Formula Copywriting Untuk Penjualan

Jika Anda pernah membuat Copywriting, Apakah copywriting Anda benar-benar sudah meningkatkan penjualan? Masih begitu-begitu saja…….

Memang, faktor penyebab meningkatkan penjualan bukan hahnya soal copywriting, namun cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan calon klien adalah copywriting.

Copywriting yang bagus akan meningkatkan penjualan secara signifikan.

Lalu, sudahkah Anda menulisnya dengan formula?

Nah, jika Anda pernah menulis copywriting namun belum pernah menggunakan formula, inilah saatnya Anda memperbaikinya.

Ada banyak formula copywriting yang terbukti menghasilkan, salah satunya yang familiar adalah Formula AIDA. Namun, itu semua tergantung dengan bagimana Anda menulisnya, dan dimana copywriting itu digunakan.

Sekali lagi, tidak ada salahnya Anda memcobanya sekarang juga. Tidak ada kata terlambat. Segeralah perbaiki.

Berikut 5 Formula Copywriting yang Menjual:

1. AIDCA

Merupakan salah satu formula yang ampuh untuk meingkatkan kualitas copywriting Anda. AIDCA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action. Formula ini merupakan turunan dari Formula AIDA, hanya saja pada formula ini menambahkan Conviction (keyakinan) di tengahnya.

Attention (Menarik perhatian)

Pada poin ini Anda akan mencoba menarik perhatian pembaca. Entah itu menggunakan kutipan, menggunakan kalimat pembuka yang mengejutkan, Anda bisa menggunakan kata-kata itu untuk memicu perhatian pembaca.

• Interest (Timbulkan Ketertarikan)

Setelah membuat pernyataan yang menarik perhatian pembaca, selanjutnya timbulkan ketertarikan. Ketertarikan yang dimaksudkan agar pembaca tetap mau mendengarkan apa yang Anda sampaikan dalam copywriting.

• Desire (Ciptakan keinginan)

Buatlah mereka seolah-olah sangat membutuhkan produk Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menjelaskan kelebihan atau manfaat penggunaan produk, tentu pembaca akan lebih menginginkan produk yang Anda tawarkan.

• Conviction (Yakinkan pembaca)

Yakinkan pembaca dengan apa yang Anda sampaikan sebelumnya, buatlah mereka yakin jika menggunakan produk Anda dapat mengatasi masalah yang ada. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menampilkan data-data angka atau statistik yang relevan dengan produk.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan testimoni pemakaian produk, dukungan dari tokoh berpengaruh, atau memberikan jaminan pada pemakaian produk Anda.

• Action (Ajakan bertindak)

Poin yang terakhir adalah mengajak pembaca untuk bertindak. Jika Anda menggunakan copywriting di halaman website, Anda bisa memberikan tombol yang mengarahkan pada penggunaan produk. Atau jika Anda menggunakan media lain, bisa dengan mencantmkan nomor yang bisa dihubungi dengan segera.

2. ACCA

Formula copywriting ini cocok untuk membangkitkan seseorang yang telah mengalami keputusasaan. Misalnya saja tentang kekecewaan dengan masalah yang dihadapi, penggunaan produk yang tidak menimbulkan hasil, atau hal lain yang menyebabkan seseorang itu merasa putus asa.

• Awareness

Pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kesadaran masalah yang calon klien hadapi. Anda dapat menggunakan buyer persona. Mencari tahu tentang masalah bisa Anda lakukan dengan riset. Setelah itu, ketika Anda sudah tahu tentang permasalahan yang dihadapi calon klien. Nah, inilah waktunya Anda untuk meningkatkan kesadaran masalah.

• Comprehension

Kedua, meningkatkan pemahaman masalah yang calon klien hadapi. Jelaskan secara singkat, padat, dan mudah dipahami permasalahan mereka. Buatlah mereka sadar betapa pentingnya untuk segera menyelesaiakan masalah itu.

• Conviction

Ketiga, Anda harus membuat pembaca merasa yakin dengan yang apa yang disampaikan dalam tulisan itu. Yakinkan mereka jika menggunkan produk yang Anda tawarkan adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalahnya.

Berikanlah data-data penguat, atau yang dapat mendukung keyakinan mereka terhadap penggunaan produk yang Anda tawarkan

• Action

Buatlah mereka untuk bertindak sesuai dengan apa yang Anda sampaikan sebelumnya. giring mereka ke arah pembelian, atau untuk mendapatkan produk yang ditawarkan

3. AIDPPC

• Attention

Seperti formula-formula yang sebelumnya, yang pertama harus Anda lakukan adalah menarik perhatian pembaca. Buatlah mereka akan mendengarkan apa yang akan disampaikan dalam tulisan.

• Interest

Selanjutnya, buatlah mereka untuk semakin tertarik dengan apa yang akan disampaikan. Timbulkan keinginan mereka untuk tetap membaca tulisan sampai selesai.

• Description

Pada poin ini, Anda bisa mendeskripsikan masalah, solusi yang ditawarkan, atau status quo yang ditimbulkan dari penggunaan produk. Buatlah mereka memahami itu semua dengan cerita Anda.

• Persuasion

Persuasi adalah ajakan kepada pembaca agar mengikuti anjuran Anda. dalam hal ini Anda bisa menceritakan bagaimana keuntungan dari penggunaan produk atau mengapa mereka harus menggunakan produk Anda agar tidak rugi di kemudian hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan testimonial pada poin ini untuk membuat mereka semakin percaya dengan apa yang Anda katakan sebelumnya.

• Proof

Pada poin ini adalah menampilkan bukti. Bukti ini bisa menggunakan orang-orang yang telah menggunakan produk atau dukungan-dukungan lainnya yang dapat memberikan bukti jika tawaran Anda sebagai solusi bagi mereka.

• Close

Pada bagian penutup ini, Anda bisa menggunakan penegasan kembali mengapa mereka harus menggunakan produk yang Anda tawarkan.

4. AAPPA (atau PAPPA)

Formula ini lebih menonjolkan bukti yang kuat. Banyak dari copywriter yang memberikan janji-janji palsu, jaminan kosong, ataupun solusi yang tidak masuk akal. Nah, inilah fungsinya memakai formula ini.

• Attention

Sama seperti sebelumnya, buatlah pembaca untuk tertarik dengan apa yang Anda sampaikan

• Advantage

Tunjukan keuntungan menggunakan solusi yang Anda tawarkan.

• Prove

Pada bagian ini ialah yang paling penting, membuktikan apa yang telah Anda katakakn sebelumnya. solusi ya ng Anda tawarkan, dan apa yang menjadi bukti nyata tentang apa yang baru saja Anda tuliskan.

• Persuade

Pada poin ini, membujuk pembaca untuk segera mendengarkan apa yang baru saja dikatakan. Buat mereka segera sadar dengan konskuensi yang dihasilkan.

• Action

Dan yang terakhir ajaklah mereka untuk bertindak sesuai dengan yang Anda inginkan. Antar mereka menuju tombol yang telah disediakan untuk mulai ke proses penggunaan produk.

Nah, pada formula ini tentunya mengandung resiko yang tinggi. mengapa? Karena kita barusan berbicara tentang bukti yang kuat untuk para pembaca. Atau yang lebih singkatnya, Anda bisa menggunakan PAPPA untuk alternatif dari formula ini.

Apa itu PAPPA?

• Problem

Pada poin yang pertama ini, Anda akan menggunakan masalah untuk meningkatkan mereka pada kesadaran penyelesaian. Seperti pada formula PAS, ini berfungsi untuk membuat pembaca menyadari permasalahan mereka.

• Advantage

Tunjukan keuntungan untuk memcahkan masalah itu. Ceritakan pada mereka apa saja keuntungannya yang bisa didapatkan.

• Prove

Buktikan jika mereka sebenarnya bisa menyelesaikan masalah mereka dengan menggunakan produk yang ditawarkan.

• Persuade

Pada bagian ini, membujuk mereka untuk segera bergabung dengan Anda. buat mereka terpengaruh dengan apa yang Anda sampaikan sebelumnya dan pada akhirnya tertarik untuk mengikuti apa yang Anda sarankan.

• Action

Setelah membuat semuanya itu, Ajak mereka untuk segera bertindak.

5. 4Ps

Formula ini lebih cocok untuk copywriting dengan tulisan atau teks yang panjang. Misalnya saja di landing page, atau lainya. Karena formula copywriting yang satu ini membutuhkan ruang yang agak lebar sebagai salah satu penentu keberhasilannya.

Apa saja itu?

• Picture

Pertama, yang harus Anda lakukan dalam formula ini adalah menampilkan gambar untuk pembaca. Gambar ini sebagai pengganti “masalah”. Artinya, menggunakan gambar untuk menyadarkan seseorang memahami kondisi yang dialami.

Dengan kata lain, gambar ini sebagai penarik perhatian pembaca. Adakalanya seseorang malas untuk membaca tulisan, atau bahkan sulit untuk memahami bacaan. Tampilan gambar yang sesuai akan membuat seseorang itu dengan mudah menangkap apa maksud yang disampaikan.

• Promise

Setelah menampilkan gambar, tambahkan janji atau jaminan untuk memperkuat copywriting Anda. Janji ini bisa diungkapkan dengan manfaat apa yang didapatkan setelah menggunakan produk yang ditawarkan.

Katakan saja apa yang menjadi janji Anda untuk mengubah kondisi mereka. Kondisi yang benar-benar akan membuat lebih baik dari sekarang.

• Proof

Selanjutnya, buktikan dengan orang-orang yang telah menggunakan produk Anda. bagaimana mereka merasa puas dengan apa yang Anda sarankan sebagai solusinya.

• Proposal

Pada bagian ini, usulkan apa saja yang akan membantu mereka dengan solusi yang Anda punya, yakni tentang produk unggulan Anda. buatlah usulan yang benar-benar membuat mereka akan suka dan tertarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.