6 Rahasia Membuat Judul Copywriting Menarik

4 min read

membuat judul copywriting menarik

Bagaimana cara membuat judul copywriting yang menarik?

Ketika Anda menulis copywriting pasti pernah merasa bingung dengan judul yang akan dipakai.

Terkadang, setelah body copywriting telah ditulis sampai tuntas pun masih belum menemukan judul yang tepat.

“Ah, kok kurang menarik ya” inilah kata-kata yang sering kita katakan ketika melihat judul yang belum sempurna.

Revisi lagi, revisi lagi, dan begitu seterusnya…..

Hal ini tentu memakan banyak waktu bukan? Bahkan terkadang waktu untuk membuat judul copywriting lebih lama dibandingkan dengan menuliskan isinya.

Mengingat tujuan dari copywriting sendiri adalah penjualan. Jadi, setiap kalimat dan kata pun harus dipilih lebih selektif. Menyisipkan kata-kata yang cocok dan menarik bagi para pembaca.

Copywriting memang bukan hanya sekedar tulisan biasa. Berbeda tentunya dengan deskripsi produk atau sejenisnya, copywriting memiliki tugas yang lebih berat daripada itu.

Copywriting bersifat membujuk, menjelaskan, dan juga mengantarkan pembaca untuk ke arah pembelian. Mampu membuat pembaca terpesona seketika dengan judul memang bukan perkara yang mudah.

Benar saja, penelitian menyebutkan jika 80% orang akan melanjutkan membaca setelah melihat judul copywriting yang menarik. Bahkan, ada pula tokoh yang mengatakan jika Judul adalah Raja.

Karena itu, judul memang mempunyai peran penting dalam penulisan copywriting. Menurut data dari Copyblogger.com, mencatat bahwa 8 dari 10 orang akan membaca judul suatu tulisan, tetapi hanya 2 orang yang akan membaca isi keseluruhan tulisan itu.

Pernahkah Anda baca suatu artikel tanpa judul? Pastinya sangat jarang. Bahkan saya belum pernah menemukannya.

Tetapi pernahkah Anda melihat di media berita tentang artis yang terkesan seksual? Sering, hehe.. lihat saja di linimasa browser.

Misal saja judulnya seperti ini “Mesra Di Pantai Kut*, Artis A****n hanya pakai daleman saja”.

Lalu, apakah isi berita itu sesuai dengan judulnya? Tentu tidak. Karena tidak mungkin media-media berita online menayangkan hal-hal yang tidak senonoh pada publik, apalagi mengandung isu sensitif.

Namun mengapa judul itu dituliskan seperti itu meskipun isinya berbeda? Jawabannya karena ingin mempengaruhi pembaca untuk membaca berita itu.

Inilah mengapa copywriting pun juga memerlukan judul yang sangat memikat mata para pembaca.

Judul akan mengantarkan pada kalimat selanjutnya. Jika Anda tidak memiliki judul copywriting yang menarik, tentu akan percuma memiliki body copywriting produk yang baik.

Judul selalu menjadi perhatian utama pembaca, ia memberikan kesan pertama. Jadi, usahakan judul yang Anda buat lebih menarik lagi.

Baca Panduan lengkapnya disini; Belajar Menjadi Copywriter, Tips Menulis Iklan yang Menjual

Bagaimana Cara Membuat Judul Copywriting yang Menarik?

menulis judul copywriting

Untuk membuat judul yang menarik, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kali ini akan saya ulaskan untuk Anda rahasia membuat judul copywriting yang menarik.

Unik

Buatlah judul yang benar-benar unik. Judul yang unik dapat menarik perhatian mata pembaca. Meskipun hanya beberapa kata, ketika kata-kata itu unik pastinya akan lebih memikat.

Selain itu, membuat judul copywriting yang unik dan satu-satunya yang ada dimuka bumi akan mempermudah pembaca untuk mengingat bahwa tulisan itu adalah hasil karya Anda. Artinya, judul yang unik berbeda dengan judul-judul copywriting serupa.

Sesuatu yang berbeda akan lebih memikat. Tentu Anda sendiri menyadarinya, judul yang menjadi satu-satunya itu akan mudah diingat.

Jika Copywriting Anda ingin di posting pada sebuah website, Anda bisa menggunakan Google untuk membantunya. Cara membuat judul yang unik ini bisa Anda cek melalui mesin pencari Google. Anda bisa ketikkan judul Anda dengan tanda “ (petik) di awal dan akhir kalimat.

Misalkan saja judul Anda Cara cepat tumbuhkan rambut dalam satu bulan. Anda hanya perlu menyisipkan tanda “ saja. Jadi, “Cara cepat tumbuhkan rambut dalam satu bulan”.

Jika memang judul Anda unik, maka tidak akan muncul website atau artikel yang berkaitan dengan judul Anda.

Namun jangan terlalu berlebihan uniknya. Artinya tetap memperhatikan kata kunci yang Anda buat, karena jika terlalu unik dan satu-satunya di bumi, orang juga akan kesulitan untuk menemukan judul Anda.

Ultra Spesifik

Untuk membuat judul copywriting yang menarik, Anda bisa menggunakan kalimat yang bersifat uktra spesifik. Ultra spesifik berarti terfokus atau sangat khusus. Artinya, berikan spesifikasi kata khusus yang menggambarkan tujuan copywriting Anda. Tentu hasil judul yang spesifik lebih menarik perhatian pembaca.

Berbeda dengan judul yang masih bersifat umum, judul yang spesifik akan lebih cepat memberikan pemahaman tentang apa tujuan dan maksud copywriting itu.

Judul yang spesifik ini membuat target Anda lebih tepat sasaran. Pembaca akan lebih memilih untuk meng”klik” judul yang dapat menjawab permasalahannya.

Misalkan saja Anda ingin menuliskan tentang cara memanjangkan rambut,

Anda bisa menuliskannya;

Cara cepat memanjangkan rambut (dari gundul hinggs gondrong)”

“Cara memanjangkan rambut hanya 3 bulan saja”

“Cara mudah memanjangkan rambut secara alami (tanpa bahan kimia)”

Dengan menuliskan judul yang ultra spesifik tentu akan lebih berpeluang dibaca daripada yang umum.

Urgent

Membuat judul copywriting yang menarik bisa Anda lakukan dengan menyusun kalimat yang bersifat urgent. Urgent berarti penting atau mendesak. Tujuan dibuatnya bersifat urgent ini untuk mempengaruhi pembaca yang melihat. Karena bersifat pening, pembaca seolah-olah harus membaca sekarang juga, bukan nanti ataupun besok.

Buatlah judul Anda seakan-akan sangat penting untuk dibaca saat ini juga, dengan memberikan kata-kata yang mendesak seperti halnya: Terbatas, Segera ditutup.

Suatu misal; (Terbatas) Promo Hari Raya, Beli 5 Kaos Polos di Bakolkaos.id gratis 1 Tas Keren.

Tentunya orang yang membaca akan lebih terdorong untuk meng”klik” link atau membaca isi tulisan Anda. Karena urgensi akan mempengaruhi pembaca secara psikologis mereka.

Manfaat

Seringkali copywriter melupakan manfaat dalam penulisan judul. Mereka lebih cenderung pada judul yang bombastis tanpa menambahkan unsur kemanfaatan dari produk itu sendiri.

Padahal, seseorang akan membeli produk itu berdasarkan manfaatnya. Ya, coba Anda pikirkan ulang, sebenarnya orang itu membeli manfaat bukan membeli produknya. Manfaat bisa mencakup apa saja, entah untuk manfaat jangka pendek, jangka panjang, termasuk juga citra yang ditimbulkan.

Nah, inilah yang perlu Anda lakukan sekarang. Karena setiap copywriter saat ini mungkin sudah terlalu sering menggunakan strategi judul yang bombastis, maka Anda sekarang bisa memulainya untuk lebih menonjolkan manfaat yang dimiliki produk.

Tambahkanlah manfaat dari produk Anda. Pembaca Anda mungkin telah bosan dengan judul-judul yang terlalu ekstrim, namun tidak diimbangi dengan manfaat dari produknya, tentu mereka agak sedikit kecewa.

Dengan Anda menambakan manfaat pada judul, copywriting Anda akan lebih konsisten dari awal. Biasanya kebermanfaatan produk ini ditujukan untuk produk-produk yang menyasar ke orang dewasa. Memang pembaca yang sudah dewasa lebih suka judul yang sederhana tetapi jelas manfaatnya.

Salah satu contohnya jika Anda ingin membuat judul produk sarung;

”Memakai Sarung Wadidaw Dapat membuat Istri Anda Semakin Cinta”

Menunjukan produk yang Anda tawarkan sekaligus memberikan manafaat yang ditimbulkan dari pemakaian produk tentu akan menjadikan pembaca lebih tertarik. Manfaat yang ditulis pun bersifat nyata. Bukan mengada-ngada.

Mengingatkan Konsekuensinya

Nah, salah satu cara membuat judul copywriting Anda menarik perhatian pembaca dengan mengingatkan konsekuensinya. Artinya, konsekuensi yang ditanggung pembaca jika tidak memiliki produk yang ditawarkan.

Sebelum mengingatkan konsekuensi ini, Anda harus mengetahui dahulu penggunaan produk secara mendalam. Setelah itu barulah Anda menuliskan akibat yang ditimbulkan jika tidak memakai produk itu.

Penulisan ini bertujuan untuk memberitahu pembaca betapa pentingnya produk yang Anda tawarkan, sehingga pembaca harus memilikinya sebelum konsekuensi yang Anda jelaskan menimpa mereka.

Salah satu contohnya jika produk Anda skincare;

“Apakah benar skincare yang Anda pakai saat ini tanpa memiliki resiko?”

Atau bisa juga;

“Apakah skincare yang Anda pakai dapat memutihkan wajah secara alami?”

Nah, dari judul diatas Anda tentu dapat memahaminya. Mencantumkan konsekuensi akan membuat pembaca berpikir dua kali, pada akhirnya mereka tertarik untuk membaca tulisan sampai selesai.

Gunakanlah Angka

Membuat judul copywriting yang menarik dapat Anda lakukan dengan menambahkah angka pada kalimat. Angka merupakan sesuatu yang pasti, dengan Angka pula pembaca memahami bentuk jumlah yang ditawarkan dalam tulisan.

Pada penggunaan angka, Anda bisa menyisipkannya dalam bentuk prosetase atau angka-angka biasa pada umumnya. Namun, yang perlu diketahui dari penggunaan angka ini menggoda untuk dibaca.

Beberapa penelitian menunjukan jika 73% judul yang menggunakan angka lebih berpeluang untuk dibagikan di media sosial.

Misalkan saja;

9 Cara mengatasi masalah Insomnia

3 Tips membahagiakan suami

Atau lainnya…..

Hal ini tentu lebih jelas bukan? Pembaca akan lebih cepat menangkap maksud dari judul.

Jika pada judul copywriting, lebih baik kombinasikan manfat dengan angka. Ini tentu akan lebih mudah mempengaruhi pembaca. Karena penawaran yang pasti akan lebih dicari oleh pembaca.

Nah, inilah Rahasia membuat judul copywriting menarik yang bisa Anda terapkan pada copywriting Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.