10 Komposisi Menarik Untuk Ajakan Bertindak

2 min read

10 Komposisi Menarik Untuk Ajakan Bertindak

Jika sebelumnya telah dituliskan tentang “mengajak pembaca untuk bertindak”, maka saat ini akan saya bahas tentang komposisi apa saja yang dapat meningkatkan ajakan bertindak

Selain tulisan, yang secara khusus membahas produk, sampai menuntun pembaca pada suatu tombol, ada elemen lain sebagai pendukungnya. Apa saja?

Inilah 10 Komposisi Menarik untuk Ajakan Bertindak dalam Copywriting

1. Ukuran

Ukuran? Ya, ukuran yang dimasudkan adalah porsi yang disediakan untuk mengajak bertindak pembaca dalam suatu tulisan.  Ajakan bertindak tidak boleh berlebihan. Atau hal ini akan mempengaruhi isi dari copywriting.

Terlalu kecil membuat ajakan ini tidak terlihat, ini menyebabkan pembaca Anda kurang responsif. Namun jika terlalu besar juga tidak baik, karena ini akan menyebabkan minimnya ruang informasi produk yang dijual. Selain itu, bisa-bisa pembaca akan gagal fokus dengan tulisan yang Anda buat.

2. Gambar

Gambar yang Anda tampilkan harus mencerminkan dengan citra merek Anda. Jangan buat kebalikan dari citra yang ingin Anda timbulkan dari produk itu.

Misalnya saja merek produk Anda tentang “Kecantikan”, tentunya gambar yang ditampilkan merupakan sosok keistimewaan dari kecantikan, bukan gambar yang menyampaikan kelemahannya.

Selain itu, gunakan gambar yang merupakan sebuah prospek bagi keunggulan produk.misalkan saja Anda tampilkan sosok Agnes Mo sebagai prospek kedepan dari penggunaan produk kecantikan itu.

Prospek merupakan keberlanjutan yang dihasilkan dari penggunaan produk Anda, biasanya calon klien akan memikirkan hal ini. Nah, inilah fungsinya gambar yang menyampaikan prospek produk kedepan.

3. Teks yang kuat

Setiap ajakan akan selalu mengunakan teks singkat yang mengintruksikan pembaca untuk melakukan suatu tindakan. Dalam hal ini, Anda bisa gunakan kata “kerja” yang menunjukan hal apa yang harus dilakukan oleh pembaca. Misalkan saja “Daftar Sekarang”, “Beli Saat Ini Juga”, atau “Unduh”

Berikan penjelasan tentang apa yang diperoleh dari menekan tombol itu. Ini akan membantu copywriting dalam memperkuat teks ajakan.

4. Warna

Pilihlah warna yang kontras dengan desain website atau media Anda. Ini tentu berhubungan dengan warna yang tidak bentrokan dengan warna tampilan. Intinya pilih warna yang paling menonjol atau mencolok untuk ditampilkan.

5. Penempatan

Penempatan memiliki peran penting dalam mengajak bertindak pembaca. Biasanya penempatan yang terbaik adalah setelah teks ajakan dalam copywriting. Namun, Anda juga bisa menambahkan lagi di beberapa tempat yang terlihat bagus untuk dipasangi. Hal ini tentu akan memperbesar peluang untuk mengklik tombol itu.

6. Ketahui Apa yang Anda inginkan

Tuliskan tujuan Anda memasang tombol itu secara jelas, tujuan yang Anda inginkan ketika pembaca mengklik tombol itu. Hal ini akan membantu memperkuat ajakan bertindak.

7. Formulir

Ada beberapa bentuk ajakan bertindak yang seringkali dipasang, tentu ini sesuai dengan produk yang ditawarkan. Jika dirasa perlu, Anda bisa menautkan link yang berisikan formulir pendaftaran untuk pembaca. Ini biasnya digunakan untuk produk jasa, seperti jasa kelas online, jasa pelatihan kerja, dll.

8. Ketahui Apa yang pembaca inginkan

Mengetahui apa permasalahan pembaca untuk menawarkan solusinya menjadi salah satu hal yang sulit dalam coywriting, namun jika Anda bisa mengetahuinya, ini akan menjadikan peluang besar untuk mengajak pembaca bertindak.

Ungkapkan saja apa permasalahan mereka dan ungkapkan pula apa yang bisa Anda selesaikan. Lanjutkan dengan mimpi-mimpi apa yang dihasilkan ketika mengikuti saran Anda.

9. Gunakan kosakata yang cocok dengan mereka

Gunakanlah kata-kata yang bersifat enak dibaca, jangan gunakan kata-kata yang terkesan merendahkan mereka, gunakan istilah yang gampang mereka pahami dan kaitkan. Anda juga bisa membuat jargon untuk mendekatkan diri dengan mereka.

10. Cari bantuan orang lain untuk melihat desain Anda

Poin yang terakhir adalah Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk melihat hasil yang telah Anda buat. Selain itu, dalam hal ini Anda dapat mengerti kekurangan lain yang belum Anda benahi.

Nah, komposisi-komposisi inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mengikatkan ajakan bertindak copywriting Anda menuju konversi penjualan. Hal ini juga perlu penyesuaian untuk konten yang Anda buat.

Sebagai bonus, akan saya perlihatkan dibawah ini 20 contoh frasa ajakan bertindak yang sering dipakai. Anda mungkin bisa menggunakannya salah satu. Mengingat banyak sekali frasa ajakan yang ada, entah itu untuk mendownload, bergabung dengan grup, mengisi formulir, atau untuk langsung transaksi pembelian. Dalam hal ini tentu Anda harus tepat untuk memilihnya

Cobalah Sekarang!

Daftar!

Mulailah Sekarang!

Buka Kunci………..Anda

Klaim………..Anda

Bergabunglah bersam kami!

Jangan Lewatkan

Jangan Menundanya

Ikuti panduannya

Temukan Jawabnnya!

Unduh Sekarang!

Temukan Kuncinya!

Temukan  Lebih Banyak Lagi!

Belajar Lagi!

Dapatkan Hadiahnya!

Dapatkan Kuncinya!

Mulai Ujicoba Sekarang!

Coba 5 Hari dari sekarang!

Jika Anda ingin belajar menjadi copy writer lebih jauh, Anda bisa membaca artikel ini Belajar Menjadi Copywriter, Tips Menulis Iklan yang Menjual untuk panduan lengkapnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!