4+ Cara Menghasilkan Uang Dari Tulisan

Beranda / Informasi Umum / 4+ Cara Menghasilkan Uang Dari Tulisan

Menghasilkan Uang Dari Tulisan – Bagi Anda yang punya hobi menulis, tentu ingin sekali tulisan itu menghasilkan sesuatu yang lebih. Uang misalnya. Banyak orang-orang yang tidak percaya jika menulis dapat menghasilkan uang.

Mereka beranggapan jika menulis adalah suatu hobi saja. Tetapi bukan berarti hobi itu bisa menghasilkan uang bukan?

Jika Anda salah satu orang yang tertarik untuk menghasilkan uang dari tulisan, baca artikel ini sampai selesai. Ini akan membantu Anda!

Kegiatan menulis memang menyenangkan. Banyak hal positif yang dapat diambil. Mengembangkan kualitas tulisan ataupun hanya sekedar hobi, tujuan seseorang menulis memang beragam.

Yang pasti, menulis selalu mempunyai manfaat positif, apalagi di jaman serba digital ini. Meskipun, sepertinya menulis bukan lagi trend yang diminati banyak orang.

Bahkan, sampai ada yang bilang “menulis hanya buang-buang waktu, tidak menghasilkan apa-apa”.

Padahal, dengan menulis seseorang akan mengetahui hal yang belum dilihat sebelumnya. Ya, wawasan adalah manfaat yang paling berharga.

Mengapa begitu? Karena menulis erat kaitanya dengan membaca. Seseorang akan sangat sulit menulis jika tanpa membaca.

Dengan membaca tentu Anda akan mengetahui banyak hal, membaca memang bukan hanya pada buku, membaca artikel yang tersedia di Google atau dimanapun tentu sama halnya.

Jadi, menulis memang punya banyak manfaat, dan yang paling penting untuk saat ini bisa menghasilkan uang tambahan.

Apalagi dengan kondisi pandemi ini tentu membuat Anda juga ingin mempunyai penghasilan tambahan bukan?
Jika Anda salah satu orang yang suka menulis dan ingin menghasilkan uang dari tulisan. Artikel ini akan membahas bagaimana caranya menghasilkan uang dari tulisan.

Mengirim Tulisan ke Website

Untuk menghasilkan uang dari tulisan bisa dengan mengirim tulisan ke website. Seperti yang Anda tahu, sekarang ini banyak sekali website yang bersedia membayar mahal tulisanmu.

Sebenarnya, Anda tidak perlu bingung untuk website mana yang akan memberikan Anda uang tambahan dari tulisan. Jika tulisan Anda mempunyai kualitas yang baik tentu akan mudah saja.

Inilah daftar website yang akan membayar tulisanmu:

Saat ini, banyak sekali website yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari tulisan, namun seringkali terkendala dengan sistem penarikan atau hal lainnya.
Nah, karena itu, dibawah ini akan saya sediakan daftar website yang rekomended dan yang akan membayar tulisan Anda

1. Basabasi.co

Daftar website pertama adalah basabasi.co, website ini akan membayar mahal tulisanmu. Basabasi.co ini termasuk salah satu website yang populer di kalangan masyarakat indonesia. Jika tulisan Anda bisa menembus di website ini tentu akan menguntungkan buat Anda.

Selain Anda bisa menghasilkan uang dari tulisan, kualitas tulisan Anda juga akan diakui. Website ini menyediakan banyak sekali jenis tulisan, mulai dari bacaan ringan, cerpen, resensi buku, opini, puisi, dan jenis tulisan lainnya.

Berapa rupiah mereka akan menghargai tulisanmu? Seperti yang dapat Anda lihat langsung melalui websitenya, untuk jenis tulisan puisi dihargai Rp. 250.000, Esai Rp. 300.000, Cerpen Rp. 300.000, dan tulisan ringan lainnya Rp. 200.000.

Bagiamana cara mengirim tulisan ke basabasi.co? Klik disini.

Jadi, website ini bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari tulisan. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas tulisan Anda, karena banyak juga yang mengirim tulisan disini. Usahakan menulis sesuai dengan jenis tulisan yang menjadi keunggulan Anda.

2. Rancah.com

Website selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari tulisan adalah Rancah.com. Website dengan tagline “The Netizen Talk” ini termasuk salah satu portal media yang menyediakan orang-orang untuk berkontribusi dalam tulisan.

Untuk bisa mendapatkan uang dari website ini, Anda harus daftar terlebih dahulu. Setelah Anda mendaftar, kemudian Anda langsung bisa menulis langsung sesuai topik yang Anda minati.

Namun, saat ini Rancah.com hanya menerima tulisan yang dikirim melalui PC atau laptop.

Berapa rupiah website ini menghargai tulisanmu? Seperti yang diketahui, website ini tersedia dengan sistem member atau keanggotaan. Artinya, mereka akan membayar setiap viewers. Dengan harga Rp. 5 perviewers.

Jadi, semakin banyak viewers tulisan Anda semakin banyak uang yang dihasilkan. Pendapatan ini bisa Anda cairkan setiap awal bulan, dan minimal penarikannya Rp. 100.000.

3. Remotivi.or.id

Website yang bisa menghasilkan uang dari tulisan selanjutnya adalah Remotivi.or.id. Website ini termasuk salah satu media yang serius.

Artinya, tulisan yang disediakan termasuk tulisan dengan pembahasan yang benar-benar berbobot. Jika Anda tertarik untuk menulis di Remotivi, caranya dengan langsung mengirim Anda bisa lihat disini.

Berapa rupiah yang bisa Anda dapatkan dari Remotivi? Seperti informasi yang saya dapatkan, per tulisan mereka akan membayar Rp. 350.000, bahkan bisa lebih.

Hal ini tentu seimbang dengan moderasi tulisan yang ketat. Karena mereka benar-benar akan memoderasi setiap tulisan yang masuk.

Namun, jika memang Anda merasa mempunyai kualitas tulisan yang bagus tentu bukan masalah lagi. Jenis-jenis tulisannya pun beragam, ada yang ringan juga. Hanya saja minimal jumlah tulisan yang dikirim 400 sampai 1200 kata, sesuai dengan jenis tulisan yang Anda tulis.

4. Mojok.co

Website selanjutnya yang bisa menghasilkan uang dari tulisan adalah Mojok.co. Bagi Anda yang menyukai tulisan-tulisan ringan, lucu, dan opini-opini menarik lainya bisa mengunjunginya secara langsung.

Mojok.co juga akan membayar mahal tulisan Anda. Berapa honor yang didapatkan? Menurut informasi yang saya peroleh, mojok.co akan membayar Rp. 300.000 – Rp 350.000 per-tulisan.

Bagaimana cara mengirim tulisan ke mojok.co? Anda bisa baca ketentuannya disini.

Website ini tentu sangat menguntungkan jika sering mengirim tulisan yang berkualitas. Selain itu, website ini juga menyediakan layanan member untuk tempat menulis, seperti halnya platform kompasiana. Jadi, jika memang benar Anda berniat untuk mengembangkan tulisan sekaligus menghasilkan uang dari tulisan, Anda bisa mengirim ke mojok.co.

5. Geotimes.co.id

Geotimes.co.id merupakan salah satu website yang cukup serius juga. Namun, dilihat dari artikel-artikelnya, website ini membahas segala bidang.

Mulai dari sosial, politik, ekonomi, ataupun hal lainnya. Bagi, Anda yang berminat untuk menjadi penulisnya, Anda bisa daftar langsung mengunjungi websitenya.

Berapa pendapatan yang bisa Anda peroleh dari website ini? Anda akan dibayar hingga Rp. 350.00 pertulisan.

Namun, untuk persyaratan kelayakan tulisan juga cukup ketat. Anda diharuskan menulis dengan jumlah minimal 750-1000 kata per artikel.

Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang tidak bisa Anda langgar, misalkan menyangkut isu SARA, atau pronografi. Untuk membaca ketentuannya, Anda bisa klik disini.

Nah, inilah daftar website yang bisa menghasilkan uang dari tulisan. Jadi, jika Anda mempunyai hobi menulis dan ingin menghasilkan uang tidak perlu bingung lagi, Anda tinggal kirim ke website-website itu.

Menjadi Penulis Freelance

penulis konten

Cara lain untuk bisa menghasilkan uang dari tulisan adalah dengan menjadi penulis freelance (penulis lepas). Seperti namanya, penulis freelance ini tidak terikat oleh lembaga atau siapapun. Biasanya dengan penulis freelance ini bekerjasama dengan seseorang untuk mengerjakan suatu tulisan.

Menjadi penulis freelance tentu sangat menguntungkan, selain mendapat uang, Anda juga bisa menulis dimana saja, di kamar, di sawah, ataupun di warung kopi.

Banyak sekali cara untuk menjadi penulis freelance ini. Jika ingin online, Anda bisa mendaftarkan diri di situs freelancer.com atau pun sribulancer.com misalnya.

Namun, jika Anda mempunyai kenalan orang-orang yang mempunyai pekerjaan menulis tentu lebih mudah.

Jangan anggap sepele pekerjaan penulis freelance, seperti pengalaman pribadi saya sendiri, penghasilannya per artikel bisa mencapai Rp. 500.000. Ini tentunya tergantung jenis tulisan yang Anda kerjakan.

Jika Anda berminat untuk bekerjasama dengan orang-orang itu, Anda bisa menawarkan diri atau membuka jasa penulisan. Anda bisa menawarkan diri ke Blogger, atau content writer lainnya.

Yang pasti, jika tulisan Anda bagus dan memiliki kualitas tinggi, Anda akan sangat berpeluang untuk diajak bekerjasama dengan seseorang.

Biasanya, untuk menjadi penulis freelance, Anda akan diberikan syarat atau kriteria tulisan tersendiri dan juga batas waktu penyelesaian. Misalkan saja seperti review produk, penulis blog, ataupun penulis konten media sosial lainnya.

Menjadi Copywriter

Menjadi copywriter memang bukan suatu hal yang asing lagi di telinga Anda, yang pasti jenis pekerjaan ini menghasilkan uang dari tulisan.

Saat ini, copywriter sangat dibutuhkan oleh sejumlah pemilik bisnis. Jadi, jika Anda mempunyai skill yang mumpuni di bidang copywriter tentu akan sangat mudah untuk menghasilkan uang dari tulisan Anda.

Jika Anda masih asing dengan copywriter, Anda bisa baca panduan copywriter disini: Belajar Menjadi Copywriter, Tips Menulis Iklan yang Menjual

Untuk saat ini, Anda bisa menjadi copywriter freelance, artinya ketika ada proyek Anda dihubungi, setelah itu orang yang mengajak bekerjasama dengan Anda akan membayar tulisan itu.

Misalkan saja ada salah satu pelaku bisnis yang ingin meminta bantuan Anda untuk memasarkan barangnya, Anda tinggal menulis semenarik mungkin, dan dikirimkan, setelah itu Anda bayaran.

Nah, ini tentu peluang yang sangat bagus bagi Anda mempunyai hobi menulis. Anda hanya cukup diam berdiam diri dan mengetik lalu dibayar.

Menulis Opini Di Media Massa

Untuk menghasilkan uang dari tulisan selanjutnya dengan cara menulis sebuah opini. Ya, saat ini hampir semua media massa memang menyediakan kolom khusus untuk diisi oleh masyarakat.

Nah, hal ini tentu salah satu peluang yang bagus bagi Anda. Jika memang tulisan Anda berkualitas, Anda bisa mencobanya ke media-media nasional, seperti Tirto, Jawa Pos, Kompas, Media Indonesia, Detik, atau media besar lainnya.

Jika tulisan Anda lolos, Anda akan mendapatkan sejuamlah uang yang tidak sedikit. Bisa mencapai 900 ribuan. Tentu ini sangat menggiurkan bukan?

Namun, persaingan tulisan juga pasti ketat. Karena banyak sekali orang-orang yang mengirimnya. Jika Anda masih belum yakin dengan kualitas tulisan Anda, Anda bisa mencobanya mengirim ke media-media lokal terlebih dahulu. Ini tentu lebih berpeluang untuk lolos.

Jika Anda ingin tahu tips menulis opini yang tembus di media massa, Anda bisa baca disini; Tips Menulis Opini yang Tembus di Media Massa

Nah, inilah cara-cara menghasilkan uang dari tulisan. Jika Anda memang ingin serius menekuni menulis, bukan tidak mungkin tulisan Anda menjadi penghasilan utama. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara menghasilkan uang dari tulisan, yang pasti ada banyak peluang di jaman serba mudah ini.

Tinggalkan komentar